Kegiatan Pelaksanaan Posyandu Lansia Desa Sungkep Bersama Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021

 

Slungkep, Sabtu 11 September 2021 – Bertempat di balai desa Slungkep kec. Kayen kab. Pati telah diadakan kegiatan Pos Layanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu lansia) yang diikuti sebanyak 31 lansia (9 laki-laki dan 22 perempuan). Posyandu lansia merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Sasaran utama kegiatan Posyandu Lansia di desa Slungkep ialah warga yang berusia 60 tahun ke atas.

Kegiatan Posyandu Lansia ini merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah yang penyelenggaraannya melalui Puskesmas Kayen melalui POSKESDes desa Slungkep dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial serta partisipasi mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021. Pada dasarnya kegiatan Posyandu Lansia bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.

Berdasarkan pengamatan mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021, minat lansia untuk mengikuti kegiatan Posyandu Lansia masih terbilang rendah karena masyarakat desa Slungkep sendiri kurang familier terhadap program kesehatan Posyandu Lansia. Lantaran selama ini jika menyebut Posyandu, seringkali yang diketahui masyarakat adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada bayi dan ibu hamil. Untuk mekanisme pelayanan Posyandu Lansia menggunakan sistem pelayanan 3 meja, dengan kegiatan sebagai berikut :

  1. Meja 1 : pendaftaran lansia, pengukuran dan penimbangan berat badan dan atau tinggi badan.
  2. Meja 2 : melakukan pencatatan berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh (IMT). Pelayanan kesehatan seperti pengobatan sederhana dan rujukan kasus juga dilakukan di meja II ini.
  3. Meja 3 : melakukan kegiatan pemeriksaan, penyuluhan atau konseling.

Pelayanan Kesehatan di Posyandu lanjut usia meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan kepada usia lanjut di Posyandu Lansia desa Slungkep adalah pemeriksaan aktivitas sehari-hari, seperti olahraga, makan dan minum, buang air besar/kecil dan sebagainya, pemeriksaan kondisi mental, pemeriksaan status gizi, pengukuran tekanan darah, dan pemeriksaan laboratorium sederhana, seperti pemeriksaan gula darah. Posyandu lansia juga bisa memberikan rujukan ke Puskesmas apabila ada kondisi yang memerlukan pemeriksaan lanjutan.

Dengan adanya kegiatan Posyandu Lansia tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi resiko parahnya penyakit yang diderita para lansia desa Slungkep.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan