“BANJIR BANDANG MENERJANG, KEC. KAYEN MERADANG”

              KAYEN – AGENDA TAHUNAN TELAH DATANG.

Agenda tahunan yang tidak dinanti telah datang menerjang di wilayah Kec. Kayen Kab. Pati. Pada Jum’at malam Sabtu tanggal 9 Pebruari 2018 Banjir Bandang yang merupakan agenda tahunan yang justru sangat dibenci dan tidak dinanti oleh masyarakat di wilayah Kecamatan Kayen benar-benar datang dan menerjang memporak porandakan 7 desa di Kecamatan Kayen yaitu Desa Slungkep, Sumbersari, Kayen, Trimulyo, Pasuruhan, Pesagi, Talun.  Disamping air masuk di dalam rumah warga dengan membawa lumpur dan matrial lainnya, juga merusak beberapa fasilitas umum. Di Desa Slungkep ada beberapa fasilitas umum yang hancur diterjang banjir bandang tersebut. diantaranya adalah :

  1. 1 (satu) buah jembatan di Rt.05 Rw.01 Desa Slungkep ambrol dan memutus akses warga di Rt.05 Rw.01 dan Rt.01 Rw.02 yang harus memutar arah dan melumpuhkan perekonomian warga.
  2. 1 (buah) bibir sungai di Rt.01   Rw.01 yang bersebelahan dengan Makaman  Ki Ageng Candanglawe ambrol dan memakan sebagian tanah warga.
  3. 1 (satu) titik Talud Bronjong Sungai yang dibangun dengan Dana APBD Perubahan 2017 anjlok dan menggerus badan jalan.

Bencana banjir ini terjadi karena hampir 90% hutan khususnya di Hutan Milik Perhutani di Wilayah Kec. Kayen dan Kecamatan lainnya yang berdekatan seperti Kec. Tambakromo dan Kec. Sukolilo sudah gundul dan beralih fungsi menjadi Lahan Jagung warga. Disamping itu, sungai-sungai yang sudah menyempit dan sistem drainase yang sudah sangat buruk dan kesadaran warga yang kurang tentang membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak menimbulkan penyumbatan.

Hal ini tentu sangat membutuhkan penanganan yang sangat serius dari Pemerintah terutama tentang Reboisasi kembali pada Hutan Perhutani sehingga bisa dikembalikan fungsinya sebagai hutan lindung yang bisa menyerap air hujan, mencegah erosi dan longsor, adanya normalisasi/pengerukan sungai, pembuatan sistem drainase yang baik, serta dibutuhkan kerjasama dan dukungan masyarakat sekitar.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan